Yang Menjadi Tingkatan dari UMKM. Apa Saja sih?

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Sampai saat ini pertumbuhan UMKM di Indonesia luar biasa. Ada 3 skala yang dimaksud dalam UMKM ini, yakni skala usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Apa perbedaan diantara ketiganya?

  1. Usaha Mikro

Yang dimaksud usaha mikro adalah usaha yang asetnya tidak lebih dari 50 juta. Kemudian omzet pertahunnya maksimal 300 juta.

  1. Usaha Kecil

Sedangkan usaha yang termasuk skala kecil jika total asetnyaantara 50 juta hingga 500 juta. Serta omzetnya antara 300 juta hingga 2.5 Miliar pertahunnya.

Seringkali masyarakat  masih ambigu membedakan antara usaha kecil dan usaha mikro. Saat usahanya masih rumahan, disebutnya usaha kecil. Padahal asetnya kurang dari 50 juta.

  1. Usaha Menengah

Disebut usaha menengah jika aset yang dimiliki perusahaan antara 500 juta hingga 10 Miliar. Kemudian total omzet pertahunnya rata-rata antara 2.5 Miliar hingga 50 Miliar.

Selanjutnya, dilihat dari perkembangannya, UMKM dibagi menjadi 4 kategori, yakni:

  1. Micro Enterprise

Ini adalah jenis usaha yang pemiliknya memiliki karakter pengrajin tapi jiwa bisnisnya belum terasah dengan baik. Jadi usahanya tidak begitu berkembang meski potensi usahanya luar biasa besar.

  1. Livelihood Activities

Ini adalah kategori usaha yang kegiatannya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Termasuk yang banyak dilakukan oleh para pedagang kaki lima.

  1. Small Dyamic Enterprise

Kategori ini terbilang lebih maju dibanding dua kategori sebelumnya. Karena sense of business nya sudah terasah. Sehingga ekspansi bisnisnya bisa kemana-mana termasuk melakukan kegiatan ekspor impor.

  1. Fast Moving Enterprise

Ini adalah UKM yang laju pertumbuhan dan pergerakannya luar biasa cepat. Usaha yang sudah masuk kategori ini akan siap-siap meninggalkan wilayah UMKM menuju kategori Usaha Besar.

Demikian sekilas tentang pembagian UMKM. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Belajar Bisnis Online Gratis Daftar Free Member Klik disini