Kenali Apa Itu Bimbingan Konseling

Salah satu lembaga yang ada di sekolah yang memberikan pendampingan kepada para siswa adalah bimbingan konseling. Sesuai dengan namanya, Bimbingan Konseling yang disingkat dengan BK ini bisa dilihat fungsi dan tujuannya dari kata pembentuknya, yakni bimbingan dan konseling.

Bimbingan dimaknai sebagai pemberian bantuan kepada para peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan. Tugas ini dilakukan oleh Guru BK. Setiap Guru BK sebelumnya telah memenuhi syarat atau kualifikasi untuk memegang amanah itu. Dengan adanya kemampuan khusus mendampingi, diharapkan Guru BK bisa mengarahkan potensi para peserta didik ke cara yang lebih baik.

Sedangkan Konselling diartikan sebagai tindakan profesional yang dilakukan oleh guru BK yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara lebih privat. Untuk konseling ini proses transfer informasi antara guru dan peserta didik dilakukan dengan melakukan pertemuan empat mata.

Tujuan Bimbingan Konseling

  1. Membantu para peserta didik mengenal potensi yang dimilikinya. Dengan pengenalan yang baik akan potensi diri akan membuat para peserta didik menjadi lebih mudah mengembangkannya menjadi sebuah prestasi.
  2. Memberikan pendampingan kepada para peserta didik yang mengalami permasalahan terkait dengan proses belajar mengajar di sekolah. Dengan pendampingan dari Guru BK diharapkan para peserta didik bisa menempatkan diri sesuai dengan tugasnya sebagai insan penuntut ilmu.

Demikian pembahasan singkat tentang bimbingan konseling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Belajar Bisnis Online Gratis Daftar Free Member Klik disini