bagaimana Pentingnya Pakan Obat?

Di bidang peternakan, ada yang namanya pakan obat atau medicated feed. Pakan obat diartikan sebagai tambahan makanan untuk hewan ternak yang mengandung obat-obatan.

Manfaat Pakan Obat

  1. Untuk Memelihara Kesehatan Hewan Ternak

Sebagaimana manusia, hewan ternak pun juga rentan terkena penyakit. Entah itu cacingan, terkena penyakit kulit atau stres. Dengan adanya pakan obat, maka kondisi buruk itu bisa diminimalkan. Misalnya hewan ternak yang cacingan, bisa dikasih obat cacing.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Hewan Ternak

Salah satu tujuan peternak memelihara hewan adalah untuk diambil manfaatnya. Misalnya peternak sapi perah, tujuannya untuk diambil susunya. Kadang produksi susu sapi perah mengalami masalah penurunan jumlah. Untuk meningkatkan jumlah produksinya, peternak bisa menggunakan obat pakan untuk merangsang produksi susu.

Standar Pakan Obat

Penggunaan pakan obat ini harus sesuai dengan aturan yang ada. Dalam hal ini tidak boleh bertentangan dengan Panduan Prosedur Codex Alimentarius Commission. Setiap penggunaan pakan obat harus disesuaikan dengan aturan pemakaian yang tertera dalam kemasan. Label komposisi yang ada pada pakan ternak juga harus diperhatikan.

Supaya penggunaannya sesuai dengan yang diharapkan, maka persyaratan mutu harus diperhatikan, yang terdiri dari:

  1. Aspek keamanan pakan
  2. Aspek kesehatan ternak
  3. Aspek keamanan pangan
  4. Aspek ekonomi

Empat hal ini harus diperhatikan karena mata rantai efeknya panjang. Selain berpengaruh pada kesehatan ternak itu sendiri, penggunaan obat pakan juga akhirnya bisa memberikan pengaruh ke konsumen sebagai end user terkait keamanan apa yang dimakannya yang bersumber dari unsur hewani.

Ketatnya persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat obat pakan menyebabkan obat pakan ini hanya boleh diproduksi oleh pabrik yang sudah mengantongi ijin dari pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Belajar Bisnis Online Gratis Daftar Free Member Klik disini