Apa Yang Menjadi Tujuan Diadakannya Komite Sekolah?

Komite sekolah merupakan sebuah lembaga independen yang berada di lingkungan sekolah. Karena independen, maka lembaga ini tidak memiliki hubungan hirarki dengan lembaga pemerintahan. Sifatnya netral.

Dasar Pembentukan

Komite sekolah ini awal mulanya dibentuk pada tahun 2002 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. No.014/U/2002 Tanggal 2 April 2002. Dengan terbitnya surat keputusan ini juga menandai lembaga sekolah bernama BP3 (Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan) tidak berfungsi lagi.

Pasca terbitnya Surat Keputusan Menteri Tahun 2002, muncul lagi regulasi tentang kedudukan dari Komite Sekolah, yakni UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hadirnya regulasi ini tentu semakin menguatkan posisi Komite Sekolah.

Tujuan Komite Sekolah

Dibentuknya Komite Sekolah bertujuan untuk:

  1. Menjadi wadah untuk aspirasi masyarakat terkait kebijakan yang berhubungan dengan lembaga pendidikan yakni sekolah.
  2. Sebagai media untuk masyarakat dalam meningkatkan tanggung jawabnya dalam hal peningkatan mutu pendidikan.
  3. Menciptakan penyelenggaraan pendidikan yang demokratis, transparan serta akuntabel.

 

Peran Komite Sekolah

  1. Sebagai advisor agencyyang memberikan berbagai pertimbangan terkait dengan penentuan serta pelaksanaan dari kebijakan yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah.
  2. Sebagai supporting agency yakni dengan mendukung berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak internal sekolah. Dukungan yang diberikan oleh pihak komite sekolah bisa berupa saran, tenaga maupun finansial.
  3. Sebagai controlling agencyyang memantau proses penyelenggaraan pendidikan supaya tetap transparan dan akuntabel.
  4. Sebagai mediator agencyyang menghubungkan kepentingan pemerintah dengan masyarakat terkait dengan kebijakan-kebijakan yang terjadi di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Belajar Bisnis Online Gratis Daftar Free Member Klik disini