Apa Sih Agroindustri Itu? Cari Jawabannya Di Sini!

Kata agroindustri berasal dari bahasa Inggris, yakni agricultural yang berarti sektor pertanian serta industry.Dengan perpaduan dua kata ini, agroindustri diartikan sebagai perusahaan yang mengolah hasil pertanian baik yang berasal dari tumbuhan atau nabati maupun yang berasal dari hewan.

Semuabahan baku ini diproses melalui berbagai tahapan mulai dari tahapan fisik berpadu dengan tahapan kimiawi, tahap penyimpanan, tahap pengemasan sampai akhirnya ke tahap  distribusi.

Karena sudah melalui pengolahan dengan melewati berbagai tahapan, maka bisa dipastikan produk yang dihasilkan akan meningkat nilai tambahnya.

Bidang agroindustri ini melibatkan banyak sumberdaya yang berasal dari hasil pertanian, sumberdaya manusia, uang, ilmu dan teknologi serta informasi.

Pengelompokan Agroindustri

Bidang agroindustri dibagi dalam 2 kelompok, yakni:

  1. Agroindustri Hulu

Agroindustri ini mencakup industri yang berhubungan dengan sarana produksi, misalnya pestisida, bibit, pupuk, herbisida dan sebagainya.

  1. Agroindustri Hilir

Sedangkan agroindustri hilir berkaitan dengan pengolahan hasil pertanian seperti ikan kaleng, minyak kaleng, buah kaleng dan sebagainya.

Indonesia dengan segala kekayaan alamnya yang melimpah dikenal seagai salah satu negara agraris di dunia. Berbagai kajian tentang pertumbuhan industri yang dikaitkan dengan sektor pertanian mengerucut kepada sebuah rekomendasi supaya Indonesia lebih fokus menggerakkan industri pertanian. Hal ini dikarenakan bahwa sektor pertanian masih dipercaya sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi.

Negara-negara maju di dunia seperti Jepang dan China juga menjadikan sektor pertaniannya sebagai salah satu lumbung ekonominya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Belajar Bisnis Online Gratis Daftar Free Member Klik disini