Apa Saja Bahan-bahan yang Disebut dalam Istilah Sembako Itu?

 

Kita sering mendengar istilah sembako. Baik dari media cetak maupun media digital. Istilah ini menjadi semakin sering disebut pasca reformasi Negara Indonesia di tahun 1998. Tapi tahukah anda apa saja yang disebut dengan sembako itu? Sembako adalah kependekan dari Sembilan Bahan Pokok. Yang dimaksud dengan sembako adalah Sembilan bahan pokok yang dikonsumsi secara umum di Indonesia. Masyarakat Indonesia memerlukan bahan-bahan pokok tersebut untuk kebutuhan dasar berupa pangan. Berikut daftar bahan-bahan apa saja yang merupakan bagian dari daftar sembako di Indonesia.

  1. Berassagu, dan jagung
  2. Gulapasir
  3. Sayur-sayurandan buah-buahan
  4. Dagingsapiayam, dan ikan
  5. Minyak gorengdan margarin
  6. Susu
  7. Telur
  8. Minyak Tanahatau gas Elpiji
  9. Garamberiodium dan bernatrium

Susunan bahan-bahan yang disingkat dalam istilah sembako diputuskan oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia di tahun 1998. Tujuannya untuk menyeragamkan kebutuhan yang umum di tengah masyarakat sehingga pengendalian distribusi dan harga bias lebih terkontrol.

Negara berperan besar dalam pemenuhan kebutuhan masyarakatnya. Banyaknya tindakan tidak bertanggung jawab oleh pelaku perdagangan seperti memasang harga tinggi atau penimbunan sehingga membuat keresahan masyarakat, membuat peran negara menjadi krusial demi stabilitas pangan yang berdampak pada stabilitas perikehidupan masyarakat secara luas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Belajar Bisnis Online Gratis Daftar Free Member Klik disini